Batuan Bersudut di Gunung Padang

Tim arkeologi masih melakukan ekskavasi di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat, hari ini, Minggu 24 Juni 2012. Ekskavasi dilakukan di dua titik di kawasan timur situs peninggalan peradaban Megalitik dari 2.500 tahun silam.
160651 batu bergaris di situs megalitikum gunung padang 300 225 Batuan Bersudut di Gunung Padang

Pertama, tim membuka kotak ekskavasi sejajar dengan teras pertama, sekitar 50 meter ke bawah. Tim melakukan ekskavasi dengan membuka kotak gali seluas 2×2 meter, dengan kedalaman lebih dari 1 meter.

Kedua, ekskavasi dilakukan sejajar dengan teras ketiga, masih di bagian timur, dengan kotak gali 2×2 meter, dan kedalaman kurang dari 1 meter. Di tebing kotak ekskavasi kedua, struktur batuan lebih padat, sehingga tim agak mengalami kesulitan.

Sementara itu, tim geologi terus melakukan pemindaian geolistrik dan georadar ke arah bagian selatan, sejajar teras lima. Ditemukan beberapa batuan bersudut yang mempunyai bentukan dan ini buatan manusia dengan konstruksi melengkung.

Tim sedang mencoba menyusun batuan bersudut yang ditemukan. Susunan berdasarkan bentuk dan guratan seperti dikatakan Taqyuddin, seorang pakar geografi yang dilibatkan oleh arkelog dalam tim peneliti mandiri Gunung Padang

Leave a Comment