Kekurangan Vitamin D Berpotensi Terkena Diabetes

Beritacyber.com -Diabetes kini bukan lagi semata-mata ditimbulkan karena faktor genetik, lingkungan, pola makan dan aktivitas. Gejalanya yang tidak terdiagnosis semakin membuat penyakit ini terlambat terdeteksi.

vitamin d Kekurangan Vitamin D Berpotensi Terkena Diabetes

Penelitian terbaru yang dilakukan Ketua Perhimpunan Ahli Endokrinologi Anak Asia Pasifik dr. Aman Bhakti Pulungan, SpA menemukan bahwa kekurangan vitamin D juga bisa memjadi faktor pencetus penyakit diabetes melitus. Vitamin D bisa melalui pancaran sinar matahari yang cukup ke tubuh.

Penelitian ini dilakukan pada anak-anak berusia tujuh sampai 12 tahun yang berasal dari dua sekolah di Jakarta. Hasilnya menunjukkan bahwa mereka yang kekurangan sinar matahari, berisiko terkena diabetes melitus tipe 1.

“Kebanyakan orang memang tidak percaya, terlebih lagi Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya akan sinar matahari,  faktor perilaku adalah salah satu penyebabnya,” lanjutnya.

Perilaku penggunaan lotion atau pelembab yang mengandung. Sun Protection Factor (SPF) menyebabkan kulit kurang mendapat asupan sinar matahari secara cukup.

“SPF 8 saja bisa menurunkan kadar paparan sinar matahari yang harusnya 80 persen menjadi 20 persen, lalu bagaimana jika SPF yang digunakan adalah SPF 45?,” ungkapnya. Namun, Aman mengakui kondisi ini cukup ironis. Bila tidak menggunakan pelembab, seseorang juga berisiko terkena kanker kulit.

Untuk itu ia menyarankan saat ini jalan keluarnya baru sebatas pemberian vitamin D melalui suplemen dan makanan. Makanan yang mengandung vitamin D diantaranya ialah susu, kuning telur, hati dan salmon.

 

 

Leave a Comment