Mobil Listrik Dahlan Iskan Nongkrong di Pameran

Foto Mobil Listrik Dahlan Iskan Research Innovation Technology Bandung Mobil Listrik Dahlan Iskan Nongkrong di Pameran

Beritacyber.com – Mobil Listrik Dahlan Iskan akhirnya nongkrong di pameran Research Innovation Technology (RITech Expo) di Sasana Budaya Ganesha (Sabuga) Institut Teknologi Bandung (ITB), Jalan Tamansari. Mobil listrik yang dia pesan dari PT. Pindad itu berwarna putih biru menggunakan bodi Honda Jazz.

Mobil yang diberi merk Piev ini nongkrong di pameran yang diadakan ITB dengan mobil-mobil listrik yang lain. Seperti mobil Sport buatan LIPI.

“Ini sebenarnya tantangan dari Pak Dahlan Iskan untuk bikin motor listik. Ternyata PT Pindad bisa. Tetapi uji motor listrik kan harus dirangkaikan ke mobil. Maka PT Pindad juga bikinlah satu mobil ini. Rangkanya dari Honda Jazz bekas,” jelas petugas kontrol Piev Mobil Listrik PT Pindad, Nur Asyadi, di sela expo.

Pada minggu 5 Agustus kemaren Dahlan pergi ke PT. Pindad guna memeriksa mobil pesanannya.

Mobil listrik yang dikerjakan selama 2 bulan ini juga sebagai tantangan yang diberikan menteri BUMN, Dahlan Iskan kepada PT. Pindad.

“Mobil ini mulai pengerjaan Juni, Juli selesai,” katanya.

Awalnya mobil listrik ini adalah Honda Jazz berbahan bakar bensin. Lalu dirombak menjadi mobil listrik. Mobil tersebut berkapasitas empat penumpang dan mengalami perombakan hingga 80 persen dari aslinya. Perombakan terjadi juga dengan bodi mobil.

Ada beberapa perombakan mendasar pada mobil listrik Piev ini. Mesin, yang menggunakan BBM berubah menggunakan motor listrik. Mesin penggerak roda juga berubah menjadi menjadi Inverter berkekuatan 500 volt dc, sehingga nyambung dengan mesin motor listrik. Inverter ini berada di bagian depan mobil.

Piev memakai 40 baterai jenis GS 500 volt. Baterai inilah yang mensuplai energi sehingga mesin mobil bisa bergerak.

“Beda dengan mobil bensin, Piev pakai listrik. Ada batrainya. Tetapi baterainya masih Batre GS belum litium,” katanya.

Daya tempuh mobil listrik berbeda dengan mobil BBM yang kecepatannya dihitung dengan waktu. Sedangkan mobil listrik dihitung berdasakan daya jelajah. Untuk Piev, sanggup melakukan jelajah hingga 30 sampai 40 kilometer persekali charge. Dalam sekali charge, Piev memerlukan waktu 10 jam bila baterainya kosong.

“Piev sudah dites hingga 50 kilometer. Piev juga memiliki modul chargernya, seperi HP saja, yang penting ada colokan. Kekuatan batrai juga tergantung pemakaian,” terangnya.

PT Pindad baru membuat satu unit mobil saja. Mobil Piev ini cocok untuk berkendara di dalam kota seperti Bandung dan Jakarta.

RITech Expo merupakan event terkait Hari Teknologi Nasional (Harteknas) ke-17 ini dibuka Menteri Riset dan Teknologi Gusti Muhammad Hatta, Rabu (8/8/2012). RITech Expo sendiri akan berlangsung hingga 11 Agustus, menyajikan berbagai produk inovasi bidang sains karya anak negeri.

Leave a Comment