Tips mengatasi ngantuk saat menyetir

Tips hindari ngantuk saat menyetir: Mengemudikan kendaraan bermotor roda empat atau mobil di jalanan sangat beresiko sekali,mengatasi ngantuk saat menyetir, utamanya apabila kita menyopir kendaraan di kota besar yang tentu sangat padat dengan kendaraan hal ini sangat memiliki tingkat resiko kecelakaan yang sangat tinggi. Dan juga factor manusia juga mempengaruhi yakni karena ugal-ugalan dalam mengemudikannya, atau juga dengan kondisi kendaraan yang suadah tidak layak untuk jalan lagi, dan salah satu faktor terbesar yang sering menyebabkan adanya kecelakaan lalu lintas yang sering dialami oleh para pengemudi baik mobil ataupun motor adalah  rasa ngantuk berat. Atasi segera rasa ngantuk anda dengan istirahat sebentar di pinggiran jalan jangan sekalipun anda  untuk memaksa terus untuk mengemudi, maka akan sangat beresiko terjadinya kecelakaan sangat besar. Berikut ini ada beberapa tips yang cukup sederhana yang telah dirasa cukup berhasil untuk mengurangi atau mencegah rasa ngantuk anda pada saat mengemudikan kendaraan.

mengatasi ngantuk saat menyetir Tips mengatasi ngantuk saat menyetir
1. Hindari dengan makan dan minum terlalu kenyang.
Kekenyangan sewaktu kita makan akan cepat sekali menimbulkan rasa ngantuk. Apalagi yang kita makan adalah banyak mengandung  karbohidrat.
2. Tidurlah dengan cukup.
Pada waktu malam hari tidurlah jangan sampai larut malam, apalagi sampai di atas jam 12 malam, akan sangat beresiko sekali anda pasti akan mengalami rasa ngantuk yang berat di esok harinya.
3. Olah raga rutin pada pagi hari
Olah raga pagi dengan jalan kaki ataupun jogging minimal 1 km sudah cukup membuat badan kita akan terasa cukup bugar sebelum mengawali aktivitas kerja. Kurangnya olah raga bisa membuat pembuluh darah kita  tidak berjalan dengan cukup lancar, hal ini akan pada berdampak pada rasa ngantuk, juga  letih dan lesu.
4. Tidur siang cukup dengan 10 – 15 menit
Waktu istirahat siang, akan sangat cukup bagus bila disela dengan tidur siang untuk mendapatkan tenaga kembali agar tidak diserang oleh rasa ngantuk selepas dari istirahat sampai dengan jam pulang. Kita tidak perlu tidur yang lama, cukup hanya dengan 10 – 15 menit saja sudah cukup untuk memperoleh  kembali kebugaran.
Menyayangi dengan keselamatan pada diri anda berarti sudah menyayangi pada keluarga dan masa depan anda, sekaligus juga anda menyayangi nyawa dari orang lain.
Semoga tips mengatasi ngantuk saat menyetir ini bermanfaat bagi kita kita semua.

Leave a Comment